Efektivitas model pembelajaran simayang tipe ii berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep dan attitudes toward chemistry pada materi larutan penyangga

Main Author: Lestari, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12925/1/1608076052_Dini%20Lestari_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dini%20Lestari.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12925/
Daftar Isi:
  • Rendahnya penguasaan konsep pada materi larutan penyangga dapat disebabkan karena tidak terkoneksinya ketiga level representasi dalam kimia dan rendahnya attitudes toward chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep dan attitudes toward chemistry, serta respon peserta didik terhadap model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda, yaitu kelas XI MIPA 6 (kelas kontrol) dan kelas XI MIPA 7 (kelas eksperimen). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada data penguasaan konsep, diperoleh bahwa thitung = 2,481 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel. Sedangkan hasil uji-t pada data attitudes toward chemistry menunjukkan bahwa thitung = 0,327 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung ≤ ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi efektif terhadap penguasaan konsep dan tidak efektif terhadap attitudes toward chemistry pada materi larutan penyangga. Berdasarkan respon peserta vi didik terhadap model pembelajaran SiMaYang Tipe II diperoleh persentase sebesar 64,11% dengan kategori “baik”.