Implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Rizqiyana, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12924/1/1603106024_Linda%20Rizqiyana_Skripsi%20Full%20-%20Linda%20Rizqiyana.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12924/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa anak (5-6 tahun) yang perkembangan nilai agama dan moralnya kurang di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak yaitu metode learning by playing (belajar sambil bermain), dan salah satu permainan yang dapat digunakan yaitu permainan ular tangga muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara, dan bagaimana implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Fokus penelitian ini adalah implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Anak-anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara perkembangan nilai agama dan moralnya meningkat, antara lain meputi: mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, dan sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, serta menghormati (toleransi) agama lain. Diantara keenam poin tersebut yang paling menonjol adalah mengerjakan ibadah, seperti membaca asmaul husna, doa-doa harian, dan surat-surat pendek. 2) Implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatil Athfal Bugel Jepara berjalan dengan baik. Dari hasil penerapan permainan ular tangga muslim yang sudah dimainkan oleh anak, secara tidak langsung perkembangan nilai agama dan moral anak bisa meningkat dan sesuai dengan pencapaian ditahap usianya.