Efektivitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter pada materi elektrokimia program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap hasil belajar dan karakter peserta didik kelas x di smk negeri 7 semarang

Main Author: Pamordiana, Habiba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12921/1/1608076049_Habiba%20Pamordiana_Full%20Skripsi%20-%20habiba%20diana.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12921/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya sumber belajar, tidak terdapat kerterkaitan ilmu kimia dengan jurusan yang mereka ambil, keberlangsungan pembelajaran yang kurang menyenangkan, materi dalam mata pelajaran kimia dianggap sulit oleh peserta didik terutama elektrokimia, dan masih ditemukannya kasus degradasi moral dikalangan peserta didik seperti kebiasaan mencotek dan tawuran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas modul kimia bermuatan pendidikan karakter program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap hasil belajar dan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif metode eksperimen dengan desain non equivalence control group design. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, soal tes (hasil belajar) bentuk multiple choice, angket non-tes (karakter peserta didik), dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu semua peserta didik kelas X TTL SMK N 7 Semarang yang terbagi menjadi dua kelas. Tipe teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampling jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test dan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,05 dan kelas kontrol sebesar 68,50. Hasil uji t-test dengan menggunakan uji independent test dihasilkan thitung=5,268>ttabel=1,996 dalam taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini juga. didukung oleh nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi) dan kelas kontrol N-gain sebesar 0,58 (kategori sedang). Sedangkan rata-rata karakter kelas eksperimen sebesar 79,25 dan kelas kontrol sebesar 56,05. Hasil uji t-test dengan menggunakan uji independent test dihasilkan thitung=15,086> ttabel=1,996 dalam taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini juga didukung oleh nilai N-gain karakter eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan kelas kontrol N-gain sebesar 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul kimia bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar dan karakter peserta didik kelas X TTL SMK N 7 Semarang.