Upaya meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini melalui permainan labirin di RA Imama Mijen Semarang tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Hidayah, Rifka Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12920/1/1603106010_Rifka%20Nur%20Hidayah_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Nona%20Teh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12920/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran permainan labirin dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada materi mengenal bentuk geometri, bilangan 1-10, dan macam-macam hewan di RA Imama Mijen Semarang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitiann Tindakan Kelas (PTK) dari data yang melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA IMAMA Mijen Semarang dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak meningkat setelah adanya tindakan melalui permainan labirin. Pada saat dilakukan observasi pratindakan persentase perkembangan kognitif sebesar 35.40%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50.16%, dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 81.34%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga perkembangan kognitif anak meningkat: kegiatan pra pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengengembangan dan pada saat kegiatan penutup