ctrlnum 1289
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV di MI Kebonharjo Semarang Utara Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Khasanah, Khasanah</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>507 Education, research, related topics</subject><description>Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV Semester Gasal di MI Kebonharjo Semarang Urata Tahun Pelajaran 2011/2012. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan model Jigsaw pada mata pelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada penggolongan hewan berdasarkan makanannya dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV MI Kebonharjo Semarang utara tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui ulangan harian siswa dan observasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi penelitian. Keempat komponen analisis tersebut data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication (reduksi, sajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi) dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sejak proses pengumpulan data dilakukan sampai datanya sudah jenuh.&#xD; Berdasarkan hasil observasi awal, dalam proses pembelajaran didapat hasil belajar siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan penggolonganhewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012. &#xD; Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan belajar kelompok dengan kelpmpok tim ahli yaitu, siswa belajar melalui diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut : pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikankesempatan siswa untuk berbagi pengetahuan dengan siswa yang lain dengan cara siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari empat atau lima siswa, masing-masing membaca atau mengerjakan salah satu bagian yang berbeda dengan yang lain. Kemudian mereka berpencar ke kelompok-kelompok lain dan membentuk kelompok baru dan saling berdiskusi. &#xD; .&#xD; Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara dengan materi pokok penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA lebih baik dari pada sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut. Karena sudah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA baik secara kognitif maupun afektif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembejalaran kooperatif merupakan langkah yang tepat. Dengan model ini siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Oleh karena itu penulis menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran lain, tetapi dengan perbaikan pada proses pembelajarannya dan guru harus lebih memotivasi siswa terutama untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran pada saat diskusi kelompok maupun kelas</description><date>2012-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/1/093911324_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/2/093911324_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/3/093911324_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/4/093911324_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/5/093911324_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/6/093911324_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/7/093911324_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Khasanah, Khasanah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV di MI Kebonharjo Semarang Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>1289</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khasanah, Khasanah
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatit Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Kelas IV di MI Kebonharjo Semarang Utara Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic 371 School management
special education
507 Education
research
related topics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/1/093911324_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/2/093911324_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/3/093911324_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/4/093911324_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/5/093911324_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/6/093911324_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/7/093911324_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1289/
contents Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Hasil Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV Semester Gasal di MI Kebonharjo Semarang Urata Tahun Pelajaran 2011/2012. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan model Jigsaw pada mata pelajaran IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada penggolongan hewan berdasarkan makanannya dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV MI Kebonharjo Semarang utara tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui ulangan harian siswa dan observasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi penelitian. Keempat komponen analisis tersebut data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication (reduksi, sajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi) dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sejak proses pengumpulan data dilakukan sampai datanya sudah jenuh. Berdasarkan hasil observasi awal, dalam proses pembelajaran didapat hasil belajar siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan penggolonganhewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara tahun pelajaran 2011/2012. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan belajar kelompok dengan kelpmpok tim ahli yaitu, siswa belajar melalui diskusi kelompok. Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut : pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikankesempatan siswa untuk berbagi pengetahuan dengan siswa yang lain dengan cara siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari empat atau lima siswa, masing-masing membaca atau mengerjakan salah satu bagian yang berbeda dengan yang lain. Kemudian mereka berpencar ke kelompok-kelompok lain dan membentuk kelompok baru dan saling berdiskusi. . Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Kebonharjo Semarang Utara dengan materi pokok penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA lebih baik dari pada sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut. Karena sudah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA baik secara kognitif maupun afektif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembejalaran kooperatif merupakan langkah yang tepat. Dengan model ini siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Oleh karena itu penulis menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran lain, tetapi dengan perbaikan pada proses pembelajarannya dan guru harus lebih memotivasi siswa terutama untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran pada saat diskusi kelompok maupun kelas
id IOS2754.1289
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:11Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821471794397184
score 17.538404