Four-tier multiple choice test bercirikan nilai-nilai kearifan lokal untuk menganalisis critical thinking skill peserta didik kelas x pada materi momentum dan impuls

Main Author: Ni'mah, Zuafatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12886/1/1608066021_Zuafatun%20Ni_mah_Full%20Skripsi%20-%20Zuafatun%20Ni_mah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12886/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengembangkan instrumen four-tier multiple choice test bercirikan nilai-nilai kearifan lokal untuk mendiskripsikan karakteristik instrumen, mengetahui kevalidan dan reliabilitas instrumen, mengetahui karakteristik butir soal, dan menganalisis critical thinking skill peserta didik kelas X pada materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen soal four-tier multiple choice test terdiri atas empat tingkatan, yaitu: pertanyaan dengan lima pilihan jawaban, tingkat keyakinan jawaban, alasan dengan empat pilihan dan satu alasan terbuka, dan tingkat keyakinan alasan. Hasil pengujian validitas oleh validator ahli menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid. Hasil pengujian reliabilitas diperoleh hasil sebesar 0,946 yang menunjukkan bahwa instrumen soal reliabel. Hasil pengujian tingkat kesukaran memperoleh hasil 14 soal dengan kategori sedang dan 7 soal dengan kategori sukar. Daya beda 21 butir soal memiliki indeks daya beda dari 0,22 sampai 0,53 dengan kategori cukup baik, baik, dan sangat baik. Critical thinking skill peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sangat kritis sebesar 11,93%, kategori kritis sebesar 5,93%, kategori kurang kritis tipe 1A (KK1A) sebesar 12,2%, kategori kurang kritis tipe 1B (KK1B) sebesar 10,87%, kategori kurang kritis tipe 2A (KK2A) sebesar 8,56%, kategori kurang kritis tipe 2B (KK2B) sebesar 9%, dan kategori tidak kritis sebesar 41,36%.