Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA SMPN 1 Boja tahun pelajaran 2019/2020
Main Author: | Mawarti, Herlena |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12885/1/1503066058_HERLENA%20MAWARTI%20_Full%20Skripsi%20-%20Herlena%20Mawarti14.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12885/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi Suhu dan Kalor terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Boja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimentaldigunakan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Boja. Teknik pengambilan sampel menggunakan control group designdengan sampel kelas VII B sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre-test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan data hasil post-test untuk menguji normalitas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian thitung sebesar 2,720 > ttabel sebesar 1,67 dan uji gain kelas eksperimen sebesar 0,5345 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.