Pengembangan modul fisika kontekstual berpendekatan High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Semarang

Main Author: Lathiifah, Annisaaul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12883/1/1503066052_Annisaaul%20Lathiifah_Full%20Skripsi%20-%20Mutakiin.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12883/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul fisika kontekstual berpendekatan HOTS pada materi elastisitas, respon peserta didik terhadap modul, serta efektivitas penggunaan modul terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pada pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai pada tahap uji coba lapangan. Instrumen validasi dan instrumen respon peserta didik yang digunakan yaitu berupa skala likert dengan 4 kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul fisika termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini didasarkan pada jumlah rata-rata skor dan persentase kelayakan modul oleh para ahli dengan skor 3,76 dan persentase kelayakan 94,08%. Modul yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil dengan persentase 95% dan pada uji coba lapangan dengan persentase 89%. Berdasarkan perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung=2,886 >t_tabel=0,678 dan memperoleh uji N-gain 0,61. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sedang.