Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas V MI Al Hidayah Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Main Author: Muntatiah, Muntatiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/1/093911322_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/2/093911322_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/3/093911322_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/4/093911322_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/5/093911322_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/6/093911322_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/7/093911322_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1288/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team – Achievement Divisions) pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia mata pelajaran IPS pada siswa Kelas V MI Al Hidayah Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan, dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : Apakah penerapan model pembelajaran STAD mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas dan sejauh mana penggunaan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al Hidayah Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran STAD pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia mata pelajaran IPS d siswa kelas V MI Al Hidayah Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes tertulis ulangan harian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD menunjukkan bahwa dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 68 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,86%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 57,14%. Dan pada siklus III, rata-rata belajar yang dicapai siswa sebesar 84 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas V dalam pembelajaran IPS di MI Al Hidayah Cepoko. Penulis menyarankan Hendaknya guru memanfaatkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai suatu cara yang efektif dalam melatih siswa untuk bersosialisasi dengan temannya karena akan menumbuhkan suasana yang saling asah, asih, asuh.