ctrlnum 1286
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/</relation><title>Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Membiasakan Akhlak Terpuji gengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV Semester II MI Sendangkulon Kangkung Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Khaeron, Khaeron</creator><subject>297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><subject>372 Elementary education</subject><description>Skripsi ini membahas prestasi belajar dan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dan metode pembelajaran yang kurang inovatif sehingga perlu diterapkannya metode Kooperatif tipe Jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi membiasakan akhlak terpuji siswa kelas IV semester II dapat meningkat? Permasalahan tersebut dibahas melalui tindakan kelas pada IV MI Sendangkulon Kangkung Kabupaten Kendal. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa, kerjasama siswa melalalui observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai &#x2265;70 dan ketuntasan belajar mencapai 85% pada akhir siklus.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada pra siklus nilai rata-rata 5,56 ketercapaian klasikal 20%, selanjutnya setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 6,17, ketuntasan belajar secara klasikal 28%. Skor keaktifan siswa siklus I 26,31 dengan kriteria cukup. Skor kerjasama siswa diperoleh 26,56 dengan kriteria cukup. Adapun skor kinerja guru sebesar 31 dengan kriteria cukup. Selanjutnya pada siklus II skor nilai rata-rata dari 6,71 meningkat menjadi 7,04, ketuntasan belajar dari 28% meningkat menjadi 85,71%. Skor keaktifan siswa siswa dari 26,31 (cukup) meningkat menjadi 34,28 (baik). Kerjasama siswa dalam kelompok dari 26,56 pada siklus II meningkat menjadi 27,8 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar sudah mencapai yang diharapkan yaitu 85%.&#xD; Dari hasil penelitian disarankan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya seorang guru tidak terfokus pada satu atau dua metode saja, tetapi harus kreatif dengan menyajikan metode yang variatif sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan supaya siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru dapat mengembangkan metode cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak</description><date>2012-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/1/093911318_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/2/093911318_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/3/093911318_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/4/093911318_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/5/093911318_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/6/093911318_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/7/093911318_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Khaeron, Khaeron (2012) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Membiasakan Akhlak Terpuji gengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV Semester II MI Sendangkulon Kangkung Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>1286</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khaeron, Khaeron
title Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Membiasakan Akhlak Terpuji gengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV Semester II MI Sendangkulon Kangkung Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic 297.2 Islam Doctrinal Theology
Aqaid and Kalam
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
372 Elementary education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/1/093911318_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/2/093911318_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/3/093911318_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/4/093911318_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/5/093911318_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/6/093911318_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/7/093911318_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1286/
contents Skripsi ini membahas prestasi belajar dan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dan metode pembelajaran yang kurang inovatif sehingga perlu diterapkannya metode Kooperatif tipe Jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi membiasakan akhlak terpuji siswa kelas IV semester II dapat meningkat? Permasalahan tersebut dibahas melalui tindakan kelas pada IV MI Sendangkulon Kangkung Kabupaten Kendal. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa, kerjasama siswa melalalui observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai ≥70 dan ketuntasan belajar mencapai 85% pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada pra siklus nilai rata-rata 5,56 ketercapaian klasikal 20%, selanjutnya setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 6,17, ketuntasan belajar secara klasikal 28%. Skor keaktifan siswa siklus I 26,31 dengan kriteria cukup. Skor kerjasama siswa diperoleh 26,56 dengan kriteria cukup. Adapun skor kinerja guru sebesar 31 dengan kriteria cukup. Selanjutnya pada siklus II skor nilai rata-rata dari 6,71 meningkat menjadi 7,04, ketuntasan belajar dari 28% meningkat menjadi 85,71%. Skor keaktifan siswa siswa dari 26,31 (cukup) meningkat menjadi 34,28 (baik). Kerjasama siswa dalam kelompok dari 26,56 pada siklus II meningkat menjadi 27,8 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar sudah mencapai yang diharapkan yaitu 85%. Dari hasil penelitian disarankan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya seorang guru tidak terfokus pada satu atau dua metode saja, tetapi harus kreatif dengan menyajikan metode yang variatif sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan supaya siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru dapat mengembangkan metode cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak
id IOS2754.1286
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:11Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821471778668544
score 17.538404