Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al-Fiil Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Qur’an materi pokok surat al Fiil dengan media pembelajaran interaktif di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Media pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2010/2011. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al Fiil sebelum menerapkan Media Pembelajaran interaktif sangat minim. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum Media Pembelajaran interaktif diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 9,1 % dan yang belum tuntas 20 siswa atau 90,9 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 5 siswa atau 22,7 % dan yang belum tuntas ada 17 siswa atau 77,3 %. Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al Fiil sesudah menerapkan media pembelajaran interaktif meningkat dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah Media Pembelajaran interaktif diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 20 orang atau 90,9 % dan yang belum tuntas 2 siswa atau 9,1 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan Penerapan Media pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2010/2011. Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa dengan melalui media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun 2011, terbukti/diterima.