Pengaruh motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang

Main Author: Fatimah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12821/1/Skripsi_1603096008_Nur%20Fatimah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12821/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi awal pada mahasiswa Jurusan PGMI UIN Walisongo Semarang menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa PGMI berminat menjadi guru MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI Angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang sebanyak 124 mahasiswa. Anggota sampel sebanyak 40 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi dalam kategori tinggi, persepsi tentang profesi guru dalam kategori sangat baik, dan minat menjadi guru MI dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara motivasi dan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru MI pada mahasiswa PGMI angkatan 2017 UIN Walisongo Semarang (62,5%). Motivasi berpengaruh (54,76%), dan persepsi tentang profesi guru berpengaruh (14,98%) terhadap minat menjadi guru MI.