Efektivitas pendekatan RME (realistics mathematics education) terhadap kemampuan berfikir kreatif berbantu LKPD (lembar kerja peserta didik) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN Winong tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Maisaroh, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12819/1/SKRIPSI_1403056103_SITI%20MAISAROH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12819/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII SMP N Winong Pati yaitu pembelajaran yang dilakukan guru belum memunculkan seluruh kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki setiap siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatanRME (Realistics Mathematics Education) terhadap kemampuan berpikir kreatif berbantu LKPD (Lembar Kerja Siswa) Pada Materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan metode tes. Hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% pada penelitian ini diperoleh thitung =3,538 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) pada materi aritmatika sosial efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP N Winong Pati pada materi aritmatika sosial.