Pengaruh pendekatan konseling behavioral dengan teknik modeling terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV MI Miftahul Huda Pati tahun 2019/2010

Main Author: Faizah, Ririn Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12803/1/Skripsi_1603096002_Ririn%20Nur%20Faizah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12803/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter sangat penting diajarkan pada anak sejak dini agar tertanam dalam diri anak sikap atau watak yang baik. Dalam pelaksanaanya, pendidikan karakter khususnya nilai religius tidak hanya dapat diajarkan dalam mata pelajaran, tetapi juga dapat diajarkan melalui program pengembangan diri yang dilakukan di luar jam pelajaran. Seperti halnya yang ada di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan, memiliki kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler yasin dan tahlil di MI Mazra‟atul Ulum 01 Paciran Kabupaten Lamongan dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan yasin tahlil pada umumnya, namun terdapat tambahan rangkaian kegiatan yang mendukung terbentuknya karakter religius. Dengan demikian diperoleh nilai karakter religius seperti berpengetahuan keagamaan, selalu mengingat Allah, meningkatkan keimanan, semangat beribadah, dan menjaga silaturrahmi.