Pengaruh penerapan metode dramatic learning terhadap pemahaman materi materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2019/2020
Main Author: | Asyari, Rifki Hasyim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12789/1/Skripsi_1503096062_Rifki%20Hasyim%20Asyari.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12789/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode dramatic learning terhadap pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pealajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design dengan menggunakan rancangan desain One Group Pretest- Postest Design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan dengan analisis statistik uji t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan nilai rata-rata nilai awal pretest adalah 61,83 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 45, sementara rata-rata nilai akhir (posttest) adalah 72,33 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 7.584 dan t_tabel = 1,699 dengan taraf signifikan 5%. karena t_hitung > t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, jadi metode pembelajaran dramatic learning berpengaruh terhadap pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran jenis-jenis pekerjaan