Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep materi hubungan kalor dengan perubahan wujud benda pada siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang
Main Author: | Khafidhoh, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12760/1/Skripsi_1403096059_Nurul%20Khafidhoh.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12760/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru di MI Miftahul Akhlaqiyah tidak bervariasi, sehingga membuat siswa mudah bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pemahaman konsep siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Pengaruh ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain True Eksperimental Design. Sempel pada penelitian ini adalah kelas V-A yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V-B yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara dokumentasi, observasi, dan tes.