Strategi pemasaran produk di koperasi simpan pinjam pembiayaan syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat Tegal dalam perspektif dakwah
Main Author: | Mughni, Rima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12751/1/1501036018_Rima%20Mughni_Full%20Skripsi%20-%20Rima%20Mughni.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12751/ |
Daftar Isi:
- Mengingat perkembangan pasar dan persaingan yang semakin ketat, bagian pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat luas, antara lain mencari calon nasabah sebanyak-banyaknya, melakukan penagihan, serta memperkenalkan atau mempromosikan produk kepada nasabah. Maka dari itu untuk melakukan pemasaran yang baik tidaklah mudah karena diperlukan strategi-strategi yang baik pula. Pengetahuan yang minim tentang koperasi simpan pinjam pembiayaan syari’ah serta keraguan yang masyarakat atau calon nasabah rasakan, adanya rasa masih ragu untuk bergabung. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat merupakan sebuah koperasi jasa keuangan yang berbasis syari’ah. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat menyediakan jasa berupa tabungan, pinjaman uang, deposito dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat Tegal Dalam Perspektif Dakwah, dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukungan dan menghambat dalam memasarkan produk di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif guna memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat guna memperoleh data dan metode sebagai teknik analisis data. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan arsip atau dokumen perusahaan. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai strategi pemasaran. Metode pegumpulan data dilakukan dengan non partisipan, dimana peneliti sebagai pengamat dan tidak ambil bagian dalam aktifitas yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kramat adalah (1) Adanya babat alas/perintisan (2) Menyebarkan brosur (3) Merayu nasabah (4) Memasarkan dari mulut ke mulut (5) Tidak membeda-bedakan anggota (6) Menggunakan sistem kekeluargaan antara anggota dengan pihak KSPPS BMT Syirkah Muawanah (7) Pelayanan jemput bola. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk yaitu adanya (a) lokasi yang strategis (b) hubungan dengan anggota terjalin dengan baik (c) kelancaran pendapatan nasabah (d) penagihan maksimal hasil maksimal, serta faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk yaitu (a) adanya persaingan dengan lembaga keuangan lainnya (b) kurangnya kepercayaan pada lembaga Koperasi Simpan Pinjam (c) kurangnya promosi melalui media elektronik (d) kredit dan pinjaman modal macet.