Efektivitas model pembelajaran group investigation berbantu media Flash terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi pecahan di MI NU 03 Kebonagung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal

Main Author: Muna, Hana Arifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12740/3/Skripsi_133911069_Hana%20Arifatul%20Muna.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12740/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diatarbelakangi dari hasil observasi kelas III MI NU 03 Kebonagung yaitu diperoleh informasi banyak peserta didik yang masih kurang optimal dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yag kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantu Media Flash terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi Pecahan di MI NU 03 Kebonagung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 46 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas. Karena di kelas III aa dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dengan 24 peserta didik dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dengan 22 peserta didik, untuk teknik analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-gain. Berdasarkan data yang diperoleh nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas ekperimen. Rata-rata awal kelas eksperimen adalah 64,77 dan rata-rata kelas kontrol 66,12. Sedangkan berdasarkan data nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata akhir dari kelas eksperimen adalah 82,45 dan kelas kontrol 75,33. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau posttest dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari thitung > ttabel dengan dk = n1 + n2 - 2, taraf signifikansi 5% thitung = 2.40 dan ttabel = 1.67. Dengan demikian Ho ditolak dan Hɑ diterima, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0.45 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0.16 (rendah). Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.