Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) pada Peserta Didik Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak melalui penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction), 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak melalui penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction). Penelitian ini difokuskan pada penerapan model pembelajaran ATI dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan mengambil subjek penelitian peserta dididk kelas V, dikarenakan kelas ini yang mempunyai permasalahan serius, yakni rendahnya aktivitas dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan penilitian tindakkan kelas, terdiri dari 2 siklus meliputi beberapa tahapan : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model ATI mampu menjawab atas permasalahan yang diajukan, yakni rendahnya aktivitas dan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta dididk. Dari siklus yang ditetapkan, yaitu dua siklus membuktikan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan II, secara berturut-turut adalah: 78 % dan 88%. Sedangkan persentase prestasi belajar Al-Qur’an Hadits secara berturut-turut pada siklus I dan siklus II adalah 83 % dan 98%. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran ATI dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interac-tion) pada peserta didik Kelas V MI Miftahul Huda Kebonbatur Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011