Strategi dakwah bagi remaja milenial(studi kasus Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak)

Main Author: Innada, Tahta Nida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12654/1/Skripsi_1501036143_Tahta%20Nida%20Innada.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12654/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh remaja milenial yang rentan terpengaruh oleh perkembangan globalisasi dan teknologi. Perkembangan globalisasi memicu banyak sekali penyimpangan yang dilakukan oleh remaja milenial. Penyimpangan ini jika dibiarkan akan merusak moral, bangsa, dan negara. Maka diperlukan suatu wadah khusus dalam mencegah rusaknya akhlak remaja milenial. Skripsi ini fokus terhadap masalah strategi dakwah bagi remaja milenial organisasi Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin yang berada di Desa Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan salah satu upaya penulis untuk mengetahui: (1) Mengetahui strategi dakwah bagi remaja milenial di KARISMA Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak. (2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat strategi dakwah bagi remaja milenial di KARISMA Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis, atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapay diamati dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan sasaran penelitian menurut apa adanya. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi�informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung di Keluarga Remaja Islam Masjid Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak tentang strategi dakwah, kemudian sumber data sekunder yang berupa buku, data�data dokumentasi, dan arsip-arsip KARISMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis datanya yaitu reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi dakwah Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara a) Membuat Grup Whatsapp b) Membuat Akun Sosial Media berupa Facebook dan Instagram c) Ndiba’an atau Perjanjen d) Kuliah subuh e) Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), f) Pelatihan khitobah, g) Tadabur alam, h) Kegiatan sosial berupa pembagian takjil dan pembagian daging xii kurban. 2) Faktor pendukung dan penghambat a) Faktor pendukung yaitu Kerjasama antara pengurus dan anggota dalam menjalankan kegiatan�kegiatan yang diadakan oleh KARISMA. Dukungan dari masyarakat dalam proses membentuk remaja milenial yang baik dan rilegius. Teknologi yang memudahkan anggota dan masyarakat luas mengenal Karisma. Banyak dukungan baik dari pengurus, alumni, takmir masjid, maupun masyarakat disekitar masjid. b) Faktor penghambat yaitu anggota belum bisa mengatur waktu antara sekolah dan berorganisasi. Anggota Karisma rata-rata masih bersekolah, sehingga kewajibannya adalah sekolah. Oleh karena itu anggota terkesan kurang antusias dan tidak aktif. sulitnya menyatuan pendapat antar anggota yang berbeda-beda.