Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan BNI IB Hasanah
Main Author: | Masruroh, Hidayatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12645/1/Skripsi_1505036031_Hidayatul%20Masruroh.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12645/ |
Daftar Isi:
- Keputusan nasabah dalam memilih produk maupun perbankan syariah yang akan digunakan tidak terlepas dari faktorfaktor tertentu yang sudah diketahui atau dikenal sebagai pertimbangan. Pengenalan perbankan syariah yang tidak utuh kepada masyarakat akan membuat pemahaman masyarakat tentang bank syariah maupun produknya tidak menyeluruh dimana salah satunya pemahaman akan produk tabungan iB Hasanah serta akad yang digunakan. Sehingga beberapa masyarakat memutuskan menggunakan tabungan iB Hasanah dengan jenis akad wadiah maupun mudharabah hanya mengikuti panutannya yang juga menggunakan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengenalan produk sangat bergantung pada kegiatan komunikasi pemasaran atau promosi, dimana dalam promosi terdapat beberapa sarana yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bauran promosi yang terdiri dari Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas dan Personal Selling terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan BNI iB Hasanah di BNI Syariah KCP Hidayatullah Banyumanik. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang responden dibagikan kepada nasabah tabungan iB Hasanah akad wadiah maupun mudharabah BNI Syariah KCP Hidayatullah Banyumanik secara acak. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa periklanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan nasabah sedangkan promosi penjualan,publisitas dan personal sellingberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Kemampuan prediksi keempat variabel independen terhadap keputusan nasabah sebesar 32,8% yang ditunjukkan dari besarnya R Square (R2) sisanya 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.