Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa MI Kelas I Semester II Pada Materi memahami Huruf Hijaiyyah dan Tanda Bacanya Melalui Metode Qiraati (Studi Kasus di MI Islamiyah Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Tahun 2010/2011). Latar Belakang dari penelitian adalah di Madrasah Ibtidaiyyah islamiyah Sijono kecamatan Warungasem kabupaten Batang, materi Al-Qur’an Hadits yaitu pada materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya dianjurkan menggunakan metode qiro’ati seperti yang digunakan pada TPQ. Karena metode qiro’ati lebih detail dan praktis dalam penyampainnya, namun ampuh dalam memahamkan siswa. Metode qiro’ati ini bukan hanya pengenalan hurufnya saja, melainkan ditekankan pada cara membacanya yang benar sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwidnya. Hal ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sijono agar siswa lebih aktif dalam memahami huruf hijaiyyah serta mengerti cara membacanya yang benar sesuai dengan makhorijul hurufnya Dengan tajwidnya. Karena siswa kelas satu di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sijono masih heterogen background dari pendidikan pra sekolahnya, ada yang dari TK, adapula yang dari RA. Sehingga perlu keseragaman dalam pemebelajarannya, agar siswa yang dari TK mampu mengikuti seperti yang dari RA sebagaimana telah diajarkan huruf hijaiyyah sebelumnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana prestasi belajar siswa MI Kelas I semester II pada materi memahami huruf hijaiyah dan tanda bacanya melalui metode Qiroati? Pada penelitian upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya melalui metode qiraati di kelas 1 MI Islamiyah Sijono Warungasem kabupaten Batang berhasil baik sekali, sebagaimana pada setiap siklusnya dari 29 siswa selalu mengalami peningkatan yaitu dengan ketuntasan belajar siswa nilai rata-rata 72,4 pada pra siklus menjadi nilai rata-rata 80,34 pada siklus I dan meningkat menjadi nilai rata-rata 87,9 pada siklus II. Upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya melalui metode qiraati degan kategori baik sekali, yaitu telah mencapai KKM 86-95.