Pengaruh perceived desirability, perceived feasibility dan faktor pendidikan terhadap intensi berwirausaha alumni mahasiswa Uin Walisongo Semarang

Main Author: Maulida, Izza Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12601/1/SKRIPSI_IZZA%20NUR%20MAULIDA_132411161.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12601/
Daftar Isi:
  • Intensi berwirausaha merupakan suatu tekad yang dirasakan individu untuk melakukan tindakan berwirausaha dengan menciptakan produk baru melalui peluang bisnis dan pengambilan resiko. Dimana dengan banyaknya seseorang yang merasa memiliki tekad untuk membangun sebuah usaha sendiri itu bisa sangat membantu pengurangan pengangguran. Dan mahasiswa mendapatakan pengharapan yang tinggi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Perceived Desirability, Perceived Feasibility, Faktor Pendidikan dan Intensi Berwirausaha. Penelitian ini menggunakan data primer (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah 381 alumni mahasiswa UIN Walisongo Semarang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Sampel yang diambil berjumlah 79 Alumni dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analiss menggunakan SPSS 16.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang diantarnya uji multkoleniaritas , uji normalias dan uji heterokedastitas, lalu menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji f,uji t dan ji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Perceived Desirability dan Perceived Feasibility berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwirausaha sedangkan pada faktor pendidikan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 atau 5%. Secara simultan, Perceived Desirability, Perceived Feasibility dan faktor pendidikan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha. Nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,549 %. Hal ini berarti 54,9% intensi berwirausaha dapat dijelaskan oleh variabel Perceived Desirability, Perceived Feasibility dan Faktor Pendidikan. Sedangkan 45,1% intensi berwirauasaha dapat dijelaskan dari variabel lain yang tidak digunakan dipenelitian ini.