Analisis etika berkomunikasi melalui Facebook mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang (Tinjauan komunkasi Islam)
Main Author: | Shamiago, Iqbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12584/1/Skripsi_1401026087_Iqbal%20Shamiago.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12584/ |
Daftar Isi:
- Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi membuat mahasiswa semakin mudah memproduksi dan mengkonsumsi sebuah informasi. munculnya media sosial berdampak terhadap tatanan dari perilaku manusia, baik sebagai sarana informasi maupun sarana sosialisasi dengan interaksi antar manusia. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh sebagian Mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Media sosial sekarang sebagai tempat segala aktifitas Mahasiswa yang tidak jarang menyampingkan etika berkomunikasi. Beberapa problem yang sering terjadi di mahasiswa di media sosial diantaranya, kurang memperhatikan kebenaran informasi, memposting informasi yang sifatnya privasi dan memposting informasi tanpa memperhatikan diksi (pilihan kata) yang baik. Komunikasi Islam adalah komunikasi yang lebih unggul dari komunikasi konvensional, karena komunikasi ini bukan hanya menyampaikan pesan, merubah sikap dan perilaku komunikan. Lebih dari itu, komunikasi Islam adalah komunikasi yang menyampaikan kemaslahatan dan kemuliaan antara komunikator dan komunikan. Komunikasi Islam meliputi Qaulan sadida, prinsip kejujuran untuk mengatakan kebenaran sesuai fakta. Qaulan marufa, prinsip mengajak ke nilai yang baik (dakwah). Qaulan balihghan, prinsip kesesuaian pesan dengan kebutuhan khalayak. Qaulan masyuran, Prinsip menyajikan pesan yang sesuai dengan aqidah Islam. Qaulan syawiraa, prinsip bermusyawarah atau mempertimbangan pendapat orang lain dan dan qaulan az-zur (menghindari kata bohong) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk etika bermedia sosial Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang di Tinjau dari Komunikasi Islam. Adapun penelitian ini menggunkan teknik snowball sampling. Peneliti melakukan wawancara terhadap sejumlah mahasiswa Mahasiswa Fakultas Dakwah Komunikasi UIN Walisongo Semarang hingga 21 mahasiswa. Setelah data jenuh, peneliti menghentikan proses wawancara. Serta melakukan observasi terhadap mahasiswa FDK pengguna Facebook. dengan teknik analisis data Miles and Hubermen. Dari penelitian tersebut, peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan yaitu: Etika Qaulan Sadidan mahasiswa mampu memilah dan memilih informasi atau tidak asal posting. Etika Qaulan Baligha mahasiswa dalam melakuka update status intensitasnya rendah. Etika Qaulan maysura mahasiswa mampu menggunkan kalimat atau bahasa yang santun dan menggunakan bahasa Indonesia pada bahasa asing. Etika Qaulan Syawira mahasiswa melakukan tabayyun dengan cara bertanya atau berdiskusi dengan orang lain. Etika Qaulan Marufa, mahasiswa memperhatikan narasi postingan dan melihat kemanfaatanya. Etika Qaulan Az-zur mahasiswa mengikuti akun yang kredibel.