Pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN Kudus tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Berliana, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12554/1/skripsi_1503096029_Putri%20Berliana.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12554/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton di MIN Kudus yang hampir setiap pembelajarannya menggunakan metode konvensional (ceramah) hal ini menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika hal ini pula yang menyebabkan siswa kurang mampu menggali potensinya dalam kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 65 siswa, dengan kelas IV A yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelas eksperimen adalah 72,64 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 56,31. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung= 5,22 sedangkan ttabel = 1,998. maka dapat dikatakan bahwa thitung signifikan karena thitung > ttabel. Pada perhitungan N-gain Karena maka kelas eksperimen dikatakan memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Bahwa kelas ekperimen mendapatkan 46 % dan kelas kontrol mendapatkan 39%.