Efektivitas penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II MI Al-Hikmah Tembalang

Main Author: Nurrohim, Liyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12552/1/skripsi_1503096041_Liyana%20Nurrohim.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12552/
Daftar Isi:
  • Membaca merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Proses membaca dapat membantu siswa untuk memperluas wawasan dan mencari informasi serta mendapatkan pengetahuan. Dikarenakan kegiatan membaca yang kurang bervariasi membuat minat membaca peserta didik menurun dan hal itu berpengaruh terhadap kemampuan membaca. Sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca interaktif peserta didik MI Al-Hikmah Tembalang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Big Book efektif terhadap kemampuan membaca interaktif bagi peserta didik kelas II MI Al-Hikmah Tembalang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIA dan IIB dengan jumlah keseluruhan 65 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IIA yang berjumlah 34 siswa, dan kelas IIB yang berjumlah 31 siswa. Seluruh populasi ini dijadikan sampel penelitian, adapun kelas yang digunakan sebagai sampel adalahk elas IIA sebagai kelas eksperimen dan IIB sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian yang terkumpul, dengan menggunakan tehnik analisis statistik. Rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media Big Book ̅ dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media Big Book ̅ , berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh dan akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini , maka penggunaan media Big Book efektif terhadap kemampuan membaca interaktif peserta didik kelas II MI Al-HikmahTembalang.