Pengaruh strategi learning start with a questions dan make a match terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas IV MI Nashrul Fajar Kota Semarang tahun 2019/2020

Main Author: Tyas, Dian Amirul Wahyuning
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12548/1/skripsi_1503096059_Dian%20Amirul%20Wahyuning%20Tyas.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12548/
Daftar Isi:
  • Rendahnya minat belajar dan kemampuan berpikir kritis selama ini sering dialami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan faktor kepasifan dari peserta didik dan pemilihan strategi pembelajaran yang kurang berpengaruh terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peseta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritits salah satu alternatifnya dapat menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Make a Match yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Make A Match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MI Nashrul Fajar Kota Semarang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Learning Start With A Questins dan Make A Match berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MI Nashrul Fajar Kota Semarang . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan berbeda, kelas eksperimen Strategi Pembelajaran Learning Start With A Questions Dan Make A Match sedangkan kelas kontrol menggunakan Strategi pembelajaran Konvensional. vi Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh ttabel= 1,67 dan thitung= 4,95, karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Questions Dan Make A Match berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 81,70 dan kelas kontrol = 69,78.