Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas IV MI Taufiqiyah Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Farida, Farida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12542/1/skripsi_1503096081_Farida.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12542/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas iv mi taufiqiyah kota semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara undian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 96 peserta didik, dengan kelas IV A terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C terdiri 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas IV A (kelas eksperimen) adalah 75,84 sementara kelas IV C (kelas kontrol) diperoleh nilai rata-rata adalah 60,75. Dari analisis data menunjukkan bahwa = 4,476 dan = 1,6702 dengan taraf signifikan 5% jika > maka hipotesis yang diajukan diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak dengan peserta didik yang pengajarannya menggunakan metode ceramah.