Peran guru dalam meningkatkan kemandirian akhlak anak kelompok b di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang tahun 2019
Main Author: | Mulyanti, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12535/1/skripsi_1503106061_Tri%20Mulyanti.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12535/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemandirian akhlak anak kelompok B di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang?. Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemandirian akhlak anak kelompok B di RA Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian di dapatkan dari beberapa sumber yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar peserta didik sudah memiliki kemandirian berakhlak, kemandirian akhlak paling dominan yaitu kemandirian sosial. 2) Peran yang dilaksanakan pendidik dalam meningkatkan perkembangan kemandirian akhlak menerapkan 9 peran, dan peran yang paling dominan adalah peran sebagai informator.