Meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran sentra seni di RA Hj. Sri Musiyarti Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Isnaeni, Rizki Faizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12526/1/skripsi_1503106042_Rizki%20Faizah%20Isnaeni.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12526/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses Pembelajaran Sentra Seni dalam rangka meningkatkan Kreativitas Anak di RA Musiyarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 ? (2) Bagaimanakah Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Sentra Seni di RA Musiarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 ? Penelitian ini bertujuan untuk: Menggambarkan proses Pembelajaran Sentra Seni dalam rangka meningkatkan Kreativitas Anak, mendeskripsikan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Sentra Seni di RA Musiyarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru sentra seni, siswa kelas B2, dan kepala sekolah RA Hj. Sri Musiyarti kota Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran sentra seni untuk meningkatkan kreativitas anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) proses pembelajaran sentra seni dalam rangka meningkatkan kreativitas anak sudah baik dalam pelaksanaannya terdiri dariempat pijakan, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, pijakan setelah main dan evaluasi/ penilaian 2) kreativitas anak dari sentra seni meliputi aspek perkembangan dengan indikator pencapaian perkembangan anak usia dini yaitu mengenal berbagai karya dan aktifitas seni, menunjukan karya dan aktifitas seni dengan berbagai media. Saran dari penelitian yaitu sarana dan prasarana lebih dilengkapi, selain itu pendidik seharusnya memiliki guru pendamping untuk dapat mengendalikan anak secara maksimal.