Meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bercerita melalui media boneka tangan pada kelompok a di RA Al-furqon Slawi Tegal tahun ajaran 2018/2019

Main Author: Nisaa, Aula Adibatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12525/1/skripsi_1503106041_Aula%20Adibatun%20Nisa.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12525/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang keterampilan bicara anak sejak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan banyaknya anak yang kesulitan dalam pengembangan keterampilan bicara anak sejak usia dini salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode bercerita khususnya pada kelompok A. Sehingga memerlukan adanya penerapan media untuk meningkatkan keterampilan bicara anak. Penelitian ini dilakukan di RA AL-Furqon Slawi Tegal, studi ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: Apakah dengan menggunakan metode bererita melalui media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada kelompok A di RA AL-Furqon Slawi Tegal Tahun Ajaran 2018/2019? Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media boneka tangan yang dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa RA AL-Furqon Slawi Tegal. Hal tersebut dapat terlihat dari adanya peningkatan pada setiap aspek penelitian. Kemampuan pada metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan ini pada pra siklus 22 anak 2 anak yang memiliki vii kriteria baik, 8 anak yang memiliki kriteria cukup, dan 12 anak dengan kriteria kurang. Rata-rata yang diperoleh selama proses pembelajaran berlangsung 55,79%, dan meningkat pada siklus I menjadi 62,95% yaitu dari 22 anak 6 anak yang memiliki krteria baik, 6 anak dengan kriteria cukup, dan 10 anak dengan kriteria kurang. Dan meningkat pada siklus II mencapai 86,02% yaitu dari 22 anak 15 anak yang memiliki kriteria memuaskan dan 7 anak yang memiliki kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara pada anak meningkat setelah dilakukannya tindakan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan hasil observasi keterampilan berbicara pada Pra Siklus yaitu 55,79%, meningkat pada Siklus I yaitu 62,95% dan pada Siklus II meningkat menjadi 86,02%.