Pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan metode qiro'ati pada kelompok a di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang
Main Author: | Adawiyah, Robiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12523/1/skripsi_1503106037_Robiatul%20Adawiyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12523/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Pembelajaran membaca al-Qur‟an merupakan sebuah proses belajar al-Qur‟an yang disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik, dengan tujuan agar peserta didik mampu membaca al-Qur‟an dengan tartil, baik dan benar sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Adapun metode membaca al-Qur‟an yang menggunakan metode praktis adalah metode Qira‟ati. Metode Qira‟ati merupakan sebuah metode pembaharu dari metode membaca al-Qur‟an sebelumnya, yaitu metode Baghdadiyah dan metode Iqra‟. Dengan diterapkannya metode Qira‟ati, anak diajari membaca al-Qur‟an secara langsung tanpa harus mengeja serta Lancar, Cepat, Tepat, dan Benar (LCBT). Hal ini menjadikan anak tidak hanya mengingat atau menghafal huruf-huruf al-Qur‟an, akan tetapi mampu memahami serta melafalkan huruf al-Qur‟an dengan baik, tepat, dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Berdasarkan latar belakang tersebut maka studi ini dimaksudkan untuk menggali lebih dalam tentang: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif. vii Adapun sumber data meliputi kepala sekolah dan guru di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang, guna mendapatkan gambaran pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati. Sedangkan data diperoleh dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata/kalimat, dan gambar. Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh suatu hasil bahwa pembelajaran al-Qur‟an dengan metode Qira‟ati pada kelompok A di RA IT Nurul Islam Ngaliyan Semarang, dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, yang dilakukan dengan menetapkan target pencapaian anak, kemudian pembuatan silabus dan menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan, yaitu pembelajaran masuk dalam kegiatan inti dan formal pada pukul 08.00-09.00 di hari Senin-Kamis melalui strategi klasikal-individual. 3) Evaluasi, yang dilakukan oleh koordinator Qira‟ati lembaga yaitu Ibu Latifah Hanum yang merupakan putri kandung dari KH. Dachlan Salim Zarkasyi.