Pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang Tahun 2018/2019

Main Author: Munawaroh, Anisatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12515/1/Skripsi_1503096082_Anisatul%20Munawaroh.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12515/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang adanya inovasi guru dalam mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Siswa tidak berani menyampaikan pendapatnya selama pembelajaran berlangsung, hal itu terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan metode everyone is a teacher here agar tercipta suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Metode pembelajaran tersebut dirasa cocok dengan materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang karena siswa lebih aktif berkomunikasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVA terdiri dari 32 siswa, kelas IVB terdiri dari 33 siswa, dan kelas IVC terdiri dari 31 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Analisa data terdiri atas: uji normalitas dan uji-t. Hasil data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir (post-test) kelas eksperimen adalah 81,94 dan kelas kontrol adalah 72,50. Berdasarkan pada uji rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,213 dan ttabel = 1,670 atau sebanyak 44,41%. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata kemampuan pemahaman siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir eksperimen= 81,94 dan kelompok kontrol=72,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan pemahaman. Dengan demikian peneliti menyarankan agar penggunaan metode everyone is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.