Pelaksanaan pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode Iqro’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019

Main Author: Handayani, Uli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12514/1/skripsi_1503106033_Uli%20Handayani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12514/
Daftar Isi:
  • Rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaiamana Pelaksanaan Pengenalan Huruf Hijaiyah menggunakan Metode Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2019? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui Pelaksanaan Pengenalan Huruf Hijaiyah menggunakan Metode Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/ pengamatan , wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang tahun 2019 dapat disimpulakn bahwa: langkah awal mempelajari Al-Qur’an adalah mengenal huruf-huruf hijaiyyah, antara lain dengan menggunakan metode iqra. Dalam pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri belum baik karena masih banyak anak yang belum bisa membedakan dan melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar dikarenakan waktu yang digunakan dalam pembelajaran mengaji Iqra’ hanya satu minggu satu kali yaitu pada hari kamis. karena jika waktu yang digunakan sedikit maka anak akan kurang menguasai dalam meningkatkan membaca iqra’. Secara garis besar penerapan metode iqra’ oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyyah pada anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Al-Azhar Permata Puri secara teknis sudah baik karena terdapat beberapa cara yang digunakan guru dalam mengaplikasikannya antara lain: (1) Anak diajarkan membaca iqra’ secara langsung dengan guru. (2) Anak diajarkan membaca secara langsung tanpa dieja artinya anak diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyyah dengan cara cepat siswa aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual atau privasi. (3) Guru mengenalkan huruf hijaiyyah menggunakan metode iqra’ melalui pemberian kreasi dengan lagu-lagu arab atau yang bertemakan huruf hijaiyyah karena dengan pemberian lagu anak lebih mudah menghafalnya. (4) Guru memberikan majalah dan menuliskan huruf hijaiyyah dipapan tulis. (5) Guru menyimak seluruh bacaan anak kemudian membenarkan bacaan anak yang keliru dan (6) Guru mengajarkan membaca Al-Qur’an dengan metode iqra dilakukan satu minggu sekali.