Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019

Main Author: Maulina, Hasbuna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/
ctrlnum 12513
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/</relation><title>Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019</title><creator>Maulina, Hasbuna</creator><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Skripsi ini membahas peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usi 5-6 tahun. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat anak-anak yang minim kesadarannya dalam berperilaku sopan santun, baik dari tingkah laku dan berbicara dalam kesopanan terhadap guru maupun sesama temannya.. Sehingga perlu adanya penanaman atau pembiasaan dari guru yaitu dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menerima sesuatu dengan tangan kanan, tidak meludah disembarang tempat, berbicara dan bertingkah laku yang baik, mengucapkan terimakasih,meminta tolong dan maaf, saling tolong menolong dan memaafkan sesama teman dan menghargai perbedaan pendapat.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitiandi RA Tarbiyatussalam Demak, peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru dalam berinteraksi (2) Peran guru dalam pengasuhan dan (3) Peran guru dalam pembelajaran. Dalam peran ini guru selalu memberikan contoh kepada anak dengan cara menghormati orang yang lebih tua, berbicara yang baik, bertingkah laku yang baik, selalu menerima hal apapun menggunakan tangan kanan, tidak meludah di sembarang tempat, selalu mengucapkan terimakasih, meminta tolong, saling memaafkan dan menghargai perbedaan pendapat.</description><date>2019-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf</identifier><identifier> Maulina, Hasbuna (2019) Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12513</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maulina, Hasbuna
title Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019
publishDate 2019
isbn 9781503106031
topic 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/
contents Skripsi ini membahas peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usi 5-6 tahun. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat anak-anak yang minim kesadarannya dalam berperilaku sopan santun, baik dari tingkah laku dan berbicara dalam kesopanan terhadap guru maupun sesama temannya.. Sehingga perlu adanya penanaman atau pembiasaan dari guru yaitu dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menerima sesuatu dengan tangan kanan, tidak meludah disembarang tempat, berbicara dan bertingkah laku yang baik, mengucapkan terimakasih,meminta tolong dan maaf, saling tolong menolong dan memaafkan sesama teman dan menghargai perbedaan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitiandi RA Tarbiyatussalam Demak, peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru dalam berinteraksi (2) Peran guru dalam pengasuhan dan (3) Peran guru dalam pembelajaran. Dalam peran ini guru selalu memberikan contoh kepada anak dengan cara menghormati orang yang lebih tua, berbicara yang baik, bertingkah laku yang baik, selalu menerima hal apapun menggunakan tangan kanan, tidak meludah di sembarang tempat, selalu mengucapkan terimakasih, meminta tolong, saling memaafkan dan menghargai perbedaan pendapat.
id IOS2754.12513
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:00Z
recordtype dc
_version_ 1765821652943241216
score 17.13294