Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019
Main Author: | Maulina, Hasbuna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/ |
ctrlnum |
12513 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/</relation><title>Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019</title><creator>Maulina, Hasbuna</creator><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Skripsi ini membahas peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usi 5-6 tahun. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat anak-anak yang minim kesadarannya dalam berperilaku sopan santun, baik dari tingkah laku dan berbicara dalam kesopanan terhadap guru maupun sesama temannya.. Sehingga perlu adanya penanaman atau pembiasaan dari guru yaitu dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menerima sesuatu dengan tangan kanan, tidak meludah disembarang tempat, berbicara dan bertingkah laku yang baik, mengucapkan terimakasih,meminta tolong dan maaf, saling tolong menolong dan memaafkan sesama teman dan menghargai perbedaan pendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitiandi RA Tarbiyatussalam Demak, peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru dalam berinteraksi (2) Peran guru dalam pengasuhan dan (3) Peran guru dalam pembelajaran. Dalam peran ini guru selalu memberikan contoh kepada anak dengan cara menghormati orang yang lebih tua, berbicara yang baik, bertingkah laku yang baik, selalu menerima hal apapun menggunakan tangan kanan, tidak meludah di sembarang tempat, selalu mengucapkan terimakasih, meminta tolong, saling memaafkan dan menghargai perbedaan pendapat.</description><date>2019-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf</identifier><identifier> Maulina, Hasbuna (2019) Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12513</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Maulina, Hasbuna |
title |
Peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak tahun 2019 |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781503106031 |
topic |
372.2 Pendidikan dasar (Play gorup TK SD) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/1/skripsi_1503106031_Hasbuna%20Maulina.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12513/ |
contents |
Skripsi ini membahas peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usi 5-6 tahun. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat anak-anak yang minim kesadarannya dalam berperilaku sopan santun, baik dari tingkah laku dan berbicara dalam kesopanan terhadap guru maupun sesama temannya.. Sehingga perlu adanya penanaman atau pembiasaan dari guru yaitu dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menerima sesuatu dengan tangan kanan, tidak meludah disembarang tempat, berbicara dan bertingkah laku yang baik, mengucapkan terimakasih,meminta tolong dan maaf, saling tolong menolong dan memaafkan sesama teman dan menghargai perbedaan pendapat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari sumber berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitiandi RA Tarbiyatussalam Demak, peran guru dalam menanamkan perilaku sopan santun pada anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatussalam Demak dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru dalam berinteraksi (2) Peran guru dalam pengasuhan dan (3) Peran guru dalam pembelajaran. Dalam peran ini guru selalu memberikan contoh kepada anak dengan cara menghormati orang yang lebih tua, berbicara yang baik, bertingkah laku yang baik, selalu menerima hal apapun menggunakan tangan kanan, tidak meludah di sembarang tempat, selalu mengucapkan terimakasih, meminta tolong, saling memaafkan dan menghargai perbedaan pendapat. |
id |
IOS2754.12513 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:28Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821652943241216 |
score |
17.13294 |