Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Ma'rufiyah Beringin Ngaliyan Semarang

Main Author: Azizi, Muhammad Alfi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12511/1/SKRIPSI_1503016177_Muhammad%20Alfi%20Azizi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12511/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah ini adalah merosotnya akhlak santri yang disebabkan oleh perkembangan zaman yang sedemikian rupa. Pondok pesantren Al-Ma’rufiyyah Semarang dipilih sebagai lokasi penelitian tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada pesantren salafiyyah karena memiliki alasan kuat untuk menanamkan nilai-nilai karakter guna meningkatkan kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada pesantren salafiyah. Manfaatnya untuk memberikan pengetahuan serta memperkaya wawasan ilmu pengetahuan bagi peneliti dan bagi pembaca tentang pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi data untuk melihat keabsahan data. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada pondok salafiyah di pondok pesantren Al-Ma’rufiyah Semarang menanamkan nilai-nilai karakter diantaranya nilai karakter religius, kemandirian, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, sopan santun, jujur, toleransi (tasamuh), cinta tanah air, tolong menolong (ta’awun). Penerapan nilai-nilai karakter tersebut menggunakan metode pengajaran kitab kuning pembiasaan kegiatan keagamaan sehari-hari dan keteladanan dari kyai dan para ustadz. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lingkungan yang kondusif dan strategis dalam penerapan pendidikan karakter dan juga masyarakat sekitar yang sudah dianggap bagian dari pondok pesantren Al-Ma’rufiyyah, Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai dan kualitas para pendidik. Diantara faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter di pondok pesantren Al-Ma’rufiyah meliputi kebanyakan santri di pondok pesantren tersebut belum bisa membagi kegiatan dengan maksimal, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang di salah gunakan, faktor bawaan dari keluarga atau teman, kurangnya kesadaran santri, lingkungan pondok pesantren yang tidak ada pagarnya.