Pengaruh penggunaan teknik pembelajaran mangkuk ikan atau akuarium (Fish Bowl) terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia siswa kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang Tahun 2018/2019
Main Author: | Alfiaturrohmaniah, Alfiaturrohmaniah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12509/1/Skripsi_1503096088_Alfiaturrohmaniah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12509/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran yang kurang menarik dan menimbulkan kebosanan ketika pembelajaran berlangsung dan saat dilakukan tes harian ada beberapa peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengggunaan teknik pembelajaran mangkuk ikan atau akuarium (fish bowl) terhadap pemahaman materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia siswa kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang Tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimental berjenis nonequivalent control group design dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 121 peserta didik. Dengan kelas V A terdiri 33 peserta didik, kelas V B 33 peserta didik, kelas V C 32 peserta didik, dan kelas V D 23 peserta didik. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V B terdiri 33 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas V C terdiri 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas V B (kelas kontrol) adalah 68,4848 sementara kelas V C (kelas eksperimen) diperoleh nilai rata-rata adalah 79,0625. Dari analisis data menunjukkan bahwa