Penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda tahun pembelajaran 2019/2020
Main Author: | Wulandari, Cici |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12503/1/Skripsi_1503096096_Cici%20Wulandari.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12503/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pendidikan Indonesia yang harus melahirkan manusia yang cerdas bukan karena intelektualnya saja tetapi juga mempunyai kecerdasan moral. Tujuan tersebut akan tercapai jika anak berkembang dan diberikan pendidikan secara baik di lingkungannya dan terjadi harmonisasi antara ketiga lingkungan pendidikan yang menurut bapak pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara penting dan faktor yang sangat berpengaruh bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berusaha memberikan deskripsi tentang penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Peneliti menggambarkan peristiwa serta kejadian yang ditemukan di lapangan dengan tulisan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda telah dilaksanakan sesuai perannya oleh ketiga lingkungan pendidikan anak (lingkungan keluarga