Peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang tahun 2019

Main Author: Aminati, Diah Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12501/1/skripsi_1503106001_Diah%20Fitria%20Aminati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12501/
Daftar Isi:
  • Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana interaksi teman sebaya anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019? (2) Bagaimana peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana interaksi teman sebaya di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019 (2) Untuk mengetahui, mengkaji dan meneliti bagaimana peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan jenis rating scale, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukan bahwa peran interaksi teman sebaya mengembangkan perilaku prososial yang meliputi: 1) Berbagi, 2) Monolong, 3) Kerjasama, 4) Jujur, 5) Dermawan, 6) Empati dan Simpati, melalui peran motivasi dan imitasi. Peran motivasi dari guru atau orang tua sebagai pendorong cara berpikir anak untuk mengembangkan perilaku prososial Jujur, Dermawan, Simpati dan Empati. Sedangkan peran imitasi atau peniruan untuk mengembangkan perilaku prososial Berbagi, Menolong dan Kerjasama.