Strategi guru PAI dalam upaya mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an (studi kasus di SMKN 5 Semarang)
Main Author: | Afifah, Ria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12492/1/skripsi_1503016070_Ria%20Afifah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12492/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data di SMKN 5 Semarang. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang diantaranya: 1) mengefektifkan waktu 1 jam pelajaran PAI untuk mengaji, 2) menyaring siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an, 3) membuat forum khusus mengaji. Kemudian problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang diantaranya: 1) masalah pergaulan dengan temannya, 2) latar belakang siswa-siswi yang berbeda, 3) pengaruh teknologi, 4) kurangnya tenaga pengajar Al-Qur’an.