Strategi guru PAI dalam upaya mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an (studi kasus di SMKN 5 Semarang)

Main Author: Afifah, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12492/1/skripsi_1503016070_Ria%20Afifah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12492/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data di SMKN 5 Semarang. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang diantaranya: 1) mengefektifkan waktu 1 jam pelajaran PAI untuk mengaji, 2) menyaring siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an, 3) membuat forum khusus mengaji. Kemudian problematika guru PAI dalam mengatasi siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Semarang diantaranya: 1) masalah pergaulan dengan temannya, 2) latar belakang siswa-siswi yang berbeda, 3) pengaruh teknologi, 4) kurangnya tenaga pengajar Al-Qur’an.