Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen
Main Author: | Novitasari, Dwi Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12483/1/SKRIPSI_1503066023_DWI%20SUCI%20NOVITASARI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12483/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan buku pedoman pembelajaran fisika di SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen masih bervariasi dan belum diingtegrasikan dengan kearifan lokal. Maka diperlukan bahan ajar yang dapat di digunakan sebagai sumber belajar yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar dan (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan h sebesar 9,26 > sebesar 2,01 yang berarti modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya efektif terhadap hasil belajar siswa. Tingkat efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan perolehan 0,648 kriteria sedang kelas eksperimen dan 0,300 kriteria rendah kelas kontrol.