Evaluasi standar pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana pendidikan dalam pencapaian akreditasi A di MI Ianatus Shibyan Mangkang Kulon-Semarang

Main Author: Rokhawati, Rokhawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12469/1/Skripsi_1503036098_Rokhawati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12469/
Daftar Isi:
  • Akreditasi oleh BAN-S/M tahun 2017 menunjukkan bahwa masih minimnya SD/MI bersatus A. Hal ini dikarenakan banyak SD/MI belum mampu memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar yang paling menjadi hambatan oleh sekolah/madrasah swasta yaitu dalam standar sarana prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: Bagaimana hasil evaluasi kondisi sarana dan prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan di MI Ianatus Shibyan berdasarkan Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendikbud No. 002/H/AK/2017) ? Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ianatus Shibyan memperoleh skor 88 untuk standar sarana prasarana dan skor 70 untuk standar pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa MI Ianatus Shibyan telah mampu memberikan pelayanan yang cukup baik kepada masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Saran untuk penelitian ini yaitu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mempertahankan status akreditasi yang telah diperoleh. Sumberdaya madrasah seperti sarana, prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan sebaiknya ditingkatkan lagi sehingga masyarakat akan lebih percaya memasukkan anaknya di MI Ianatus Shibyan.