Penerapan ISO 9001 2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang

Main Author: Nuraeni, Fitriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12464/1/SKRIPSI_1503036087_Fitriya%20Nuraeni.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12464/
Daftar Isi:
  • Dalam era modern ini, segala bentuk layanan kegiatan yang berhubungan untuk menjamin kepuasan pelanggan adalah suatu keharusan bagi sebuah lembaga pendidikan baik pemerintahan maupun swasta. Begitu juga pada layanan akademik di sekolah, dimana pelaksanaannya harus melakukan penjaminan terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk peningkatan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang ingin diteliti (1) Bagaimana Penerapan ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang. (2) Bagaimana implikasi ISO 9001:2015 terhadap peningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meode yang digunakan dalam penerapan ISO 9001:15 ialah menggunnakan sistem PDCA. Untuk mendukung penerapan ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima memerlukan komitmen yang sangat tinggi dari semua warga sekolah, sumber daya manusia yang berkualitas unggul,kelengkapan sarana prasarana yang memadai serta lingkungan yang memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pelaksanaan ISO dapat berjalan dengan lancar.