Efektivitas model problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTS NU Raudlatul Muallimin Wedung tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Munawaroh, Madinatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12463/1/skripsi_1503056094_Madinatul%20Munawaroh.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12463/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas VII. Berdasarkan wawancara dari guru pengampu mata pelajaran matematika di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung, bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika yang ditandai dengan ketidakmampuan memahami soal, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana, dan menyimpulkan sesuai yang ditanyakan. Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang berbentuk true experimental dan rancangan pretest – posttest control group design. Sampel dari kelompok eksperimen adalah kelas VII A dan kelompok kontrol adalah kelas VII B yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan uji t – test antara kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Posing dan kelas kontrol dengan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model Problem Posing sebesar 58,870 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 31,036. Hasil perhitungan uji – t diperoleh thitung = 6,178 dan ttabel =2,010 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan uji t-test tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem Posing yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Disimpulkan bahwa model Problem Posing efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII materi aritmetika sosial di MTs NU Raudlatul Muallimin.