Efektivitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantu media benda konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Afifah, Ati Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12449/1/Skripsi_1503056069_%20Ati%20Nur%20Afifah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12449/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 19 Tegal yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran Brain Based Learning berbantu media benda konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t untuk tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian untuk rata-rata kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung=2,194 dan angket motivasi belajar diperoleh thitung=3,747, dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=1,671. Maka masing-masing nilai thitung>ttabel. Sehingga model pembelajaran Brain Based Learning berbantu media benda konkret efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Brain Based Learning didesain untuk mendorong membuat keputusan dan merangsang serta memotivasi peserta didik untuk belaja