Efektivitas model experiental learning terhadap pemahaman konsep dan Attitude Toward Chemistry Learning (ATCL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit
Main Author: | Fitriyani, Nurmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12432/1/Skripsi_1503076050_Nurmita%20Fitriyani.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12432/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitia kuantitatif dengan menggunakan model pembelajaran experiential learning yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran terhadap pemahaman kossep dan attitude toward chemistry lessons (ATCL) peserta didik. Penelitian ini temasuk penelitian Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MA Al Asror degan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata posttest pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 73,750 dan rata posttest kelas kontrol sebesar 57,857. Hasil uji pihak kanan dengan mengguakan uji t-tes dihasilkan thitung=6,529>ttabel=1,673 dengan tarafsignifikan 5%. Hal ini juga didukung oleh nilai N-gain pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,58 (sedang) dan pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 0,296 (rendah). Sedangkan rata-rata attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas kelas eksperimen sebesar 79,143 dan rata-rata attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas kontrol sebesar 56,571. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model experiential learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektifmenigkatkan pemahaman konsep dan attitude toward chemistry lessons peserta didik kelas X MA Al Asror Gunungpati Kota Semarang.