Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik MTS Ma’haduttholabah dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan kelas VII J ditinjau dari gaya belajar tipe investigatif (holland)

Main Author: Azizah, Ulfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12426/1/Skripsi_1503056015_Ulfa%20Azizah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12426/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya tuntukan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kurikulum 2013, Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu tahapan berpikir yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari dan setiap peserta didik juga harus diarahkan agar memiliki pola berpikir tingkat tinggi. Namun pada parktiknya di MTs Ma’hadutholabah masih ada beberapa peserta didik yang merasa kesulitan dalam menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi suatu masalah, sehingga menghambat dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya pada materi perbandingan yang ditinjau dari gaya belajar Investigatif menurut John Holland. Gaya belajar Investigatif memiliki kecenderungan berpikir lebih tinggi dibanding gaya belajar yang lain sehingga akan dilihat apakah peserta didik yang bergaya belajar Investigatif memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak semua peserta didik MTs Ma’hadutholabah yang bergaya belajar Investigativ memiliki kemampuan berpikir yang tinggi, dari 3 peserta didik hanya satu yang mampu mencapai tahap mengevaluasi dimana tarafnya pun masih sedang atau cukup. Sedangkan untuk dua peserta didik lainnya yaitu peserta didik P-02 dan P-03 masih dalam taraf rendah.