Pengembangan aplikasi edukatif android berwawasan lingkungan sesuai dengan prinsip Sekolah Adiwiyata sebagai media pembelajaran kimia materi kesetimbangan kimia kelas XI

Main Author: Febriani, Dwi Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12425/1/Skripsi_1503076043_Dwi%20Ratna%20Febriani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12425/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena kimia yang sulit dan abstrak, media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang optimalnya penggunaan android dalam pembelajaran, borosnya penggunaan kertas dan pentingnya sikap peduli lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakterisitik dan kualitas aplikasi Chemsinandro_19 (Chemistry android 2019) sebagai media pembelajaran kimia materi kesetimbangan kimia kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D model ADDIE dengan subjek penelitian 36 peserta didik kelas XII MIA 4 SMA Negeri 7 Semarang. Hasil pengembangan memiliki karakteristik berwawasan lingkungan sesuai prinsip sekolah adiwiyata yaitu partisipatif berupa mengkaitkan materi kesetimbangan kimia dengan lingkungan dan ajakan untuk peduli terhadap lingkungan. Prinsip berkelanjutan berupa penggunaan aplikasi android. Hasil uji kualitas dari validasi ahli media dan materi didapatkan nilai Aiken’s V sebesar 0,89. Angket uji kepraktisan oleh peserta didik dan guru memperoleh skor empiris 81,38% dan 96%. Berdasarkan data hasil, maka aplikasi dinyatakan sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.