Argumentasi ilmiah dan SATCL (Student Attitudes Toward Chemistry Lessons) siswa kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu dengan model pembelajaran poe bermuatan isu-isu sosiosaintifik pada materi koloid
Main Author: | Khuluk, Khusnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12424/1/Skripsi_1503076034_Khusnul%20Khuluk.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12424/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE bermuatan isu sosiosaintifik pada materi koloid terhadap Argumentasi Ilmiah dan SATCL (student attitudes toward chemistry lessons)di kelas XI MIPA MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Disain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA. Sampel terdiri dari dua kelas sebagai responden yaitu kelas XI MIPA-1 (kelas eksperimen) dan XI MIPA-2 (kelas kontrol). Uji mann-whitney kemampuan argumentasi ilmiah siswa dan SATCL (student attitudes toward chemistry lessons) pada taraf signifikansi (sig.) 0,05, atau 5% didapatkan nilai 0,00. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah siswa dan SATCL (student attitudes toward chemistry lessons) kelas eksperimen dengan model pembelajaran POE bermuatan isuisu sosiosaintifik lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi koloid. Uji N-gain kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen kategori sedang (0,56) dan kelas kontrol kategori rendah (0,37). SATCL (student attitudes toward chemistry lessons) diperoleh hasil antara kelas eksperimen kategori sedang (0,63) dan kelas kontrol kategori rendah (0,06).