Pengembangan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan kontekstual berbasis proyek pada materi senyawa hidrokarbon
Main Author: | Purwati, Yunita Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12423/1/Skripsi_1503076013_Yunita%20Dewi%20Purwati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12423/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan pengembangan modul pembelajaran kimia dengan pendekatan kontekstual berbasis proyek pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas XII IPA SMA N 1 Bangsri. Modul dikembangkan dengan mengacu pada tujuh komponen pembelajaran kontekstual, antara lain konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. Pada komponen pemodelan terdapat pembelajaran proyek untuk menghasilkan suatu produk. Kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian validator materi mendapatkan nilai 0,80 dengan kategori tinggi dan validator media mendapatkan nilai 0,83 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penilain guru terhadap materi modul mendapatkan nilai 0,93 dan media modul mendapatkan nilai 0,96 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji keterbacaan peserta didik diperoleh persentase 78,44% dengan kategori baik dan hasil tanggapan peserta didik diperoleh 83,26% dengan kategori sangat baik.